Gedung-gedung Bakal Tergusur Kanal Benteng Fort Rotterdam

Posted: 25 Oktober 2011 in Potret
Tag:

Bangunan Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan yang dirobohkan tahun lalu sehubungan dengan program revitalisasi Benteng Fort Rotterdam (Benteng Ujungpandang), kini dilokasi tersebut sedang dilakukan penggalian untuk pembuatan kanal.
Pembuatan kanal di bagian selatan dinding Benteng Fort Rotterdam tersebut, merupakan bagian dari upaya untuk mengembalikan sebagaimna bentuk zonasi awal dibangunnya benteng peninggalan Kerajaan Gowa yang dikelilingi kanal.
Melalui kanal yang dibuat, kapal-kapal dapat berlayar langsung dari laut mengelilingi benteng sebagaimana kondisinya pada awal benteng itu dibangun sekitar tiga abad silam.
Jika dalam revitalisasi Benteng Fort Rotterdam tahap I tahun 2010 pemerintah pusat menyediakan dana melalui APBN hampir Rp 9 miliar, maka dalam revitalisasi tahap II termasuk dengan pembuatan kanal di bagian selatan benteng tahun 2011 ini dikucurkan dana APBN sebesar Rp 27 miliar.
Namun utnuk membuat kembali kanal keliling benteng Fort Rotterdam, masih diperlukan biaya yang cukup besar. Termasuk diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk membebaskan banyak bangunan yang masih menghimpit dinding benteng di arah utara, timur dan selatan.
Gedung-gedung yang harus digusur jika akan membangun kembali zonasi benteng Fort Rotterdam yang dikelilingi kanal, diantaranya, gedung RRI Makassar, auditorium dan sebuah masjid. Kantor PT Pos Makassar danmasjid Nurul Baried, gedung Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Danamon, Kantor Garuda Indonesia, gedung Galeri Indosat, bangunan Kantor Veteran Granadha, Gedung Yayasan Universitas Veteran, dan puluhan rumah rakyat yang dibangun menghimpit dinding benteng di arah timur.

Inilah sebagian dari gedung yang bakal tergusur untuk mewujudkan zonasi kanal mengelilingi Benteng Fort Rotterdam:
Gedung RRI Makassar

Bank Danamon

Gedung Kantor Veteran Granadha Makassar

Kantor Pos Besar Makassar

Bank Bukopin Makassar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s