Prediksi Kekuatan Sang Pemenang

Posted: 24 November 2012 in Potret

Menelisik angka-angka pemilih basis andalan raupan suara 3 pasangan kandidat Pilgub Sulsel yang telah mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilkada Sulsel 2013 – 2018, semuanya punya peluang tampil sebagai pemenang.

Ketiga pasangan yaitu Sayang, IA, dan Garudana, semua merupakan figur yang sesungguhnya sudah dikenal. Bahkan, jauh hari masyarakat telah merasakan langkah pengabdian masing-masing terhadap pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Selatan.

Pasangan Sayang – Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulsel) dan Agus Arifin Nu’mang (Wakil Gubernur Sulsel), misalnya. Sang pemenang Pilgub Sulsel 2008 – 2013 yang tampil kembali dalam Pilgub Sulsel 2013 – 2018, tentu saja, kepopulerannya di masyarakat Sulsel masih cukup segar sebagai petahana.

Sebelum terpilih sebagai Gubernur Sulsel, H.Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah menduduki jabatan politis dua kali masa jabatan (10 tahun) sebagai Bupati Kabupaten Gowa, dan menjadi Wakil Gubernur saat H.M.Amin Syam menjabat Gubernur Sulsel. SYL saat ini adalah Ketua DPD Partai Golkar Sulsel. Calon wakilnya, H.Agus Arifin Nu’mang, sebelumnya adalah Ketua DPRD Provinsi Sulsel.

Rekam jejak pasangan IA – H.Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan H.Azis Qahhar Mudzakkar juga tidak kalah populernya. IAS adalah sosok pertama dari kalangan sipil yang dapat terpilih langsung dua periode masa jabatan ( 2004 – 2009 dan 2009 – 2014) sebagai Walikota Makassar. Dalam kepemimpinan IAS, Makassar mampu memasok lebih 60 persen dari total  pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulsel. IAS saat ini adalah Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel. Calon wakilnya, ustadz  H.Azis Qahhar Mudzakkar adalah anggota DPD (dua periode) asal Sulawesi Selatan.

Sedangkan pasangan Garudana – Andi Rudiyanto Asapa dan Andi Nawir, masing-masing adalah figur yang juga sudah paham ‘asam-garam’ memimpin dalam pemerintahan. Rudi, sapaan akrab Andi Rudi Asapa, kini masih menjalani sisa perjalanan pengabdiannya selama dua periode (10 tahun) sebagai Bupati Kabupaten Sinjai. Rudi pun saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel.

Berdasarkan daftar DP4 yang diserahkan Gubernur SYL kepada KPU Sulsel (13 Agustus 2012), jumlah pemilih Sulawesi Selatan saat ini mencapai 7,2 juta. Meningkat sekitar 2 juta pemilih dibandingkan dengan pemilih pada Pilgub Sulsel 2008 – 2013 yang hanya berkisar 5,2 juta.

Dalam Pilgub 2008 – 2013, pasangan Sayang berhasil menang dengan meraih 1.432.572 suara (39,53 persen). Unggul dari rivalnya, pasangan H.M. Amin Syam dan H.Mansyur Ramli yang memperoleh 1.404.910 suara (38,76 persen). Sedangkan pasangan Azis Qahhar Mudzakkar dengan Mubyl Handaling dalam Pilgub Sulsel untuk periode tersebut memperoleh sebanyak 786.792 suara (21,71 persen).

Banyak pihak mempridiksi, minimal 50 persen dari jumlah suara yang diperoleh pasangan Sayang pada periode lalu dapat diraih kembali pada Pilgub Sulsel 2013 – 2018. Jika setiap pasangan dalam Pilgub Sulsel sekarang diprediksi sama dapat meraih sedikitnya 5 persen dari tambahan sebanyak 2 juta suara. Maka, di atas kertas pasangan Sayang paling sedikit nantinya akan dapat memperoleh 1 juta suara.

Jumlah perolehan 1 juta suara minimal juga dapat diraih oleh pasangan IA, hanya dengan prediksi hitungan setengah dari perolehan suara Azis Qahhar Mudzakkar pada Pilgub lalu masih menjadi miliknya sebagai suara pendukung fanatiknya. Plus 5 persen dari 2 juta suara tambahan, dan minimal 50 persen dari 1,2 juta pemilih di Kota Makassar akan diraih pasangan IA.

Pasangan Garudana pun, dalam hitungan di atas kertas diprediksi minimal dapat memperoleh 1 juta suara dalam Pilgub Sulsel 2013 – 2018. Suara sebanyak itu masing-masing dapat diraup dari 186 ribu lebih pemilih Kabupaten Sinjai, tempat dimana Rudi selama 10 tahun dipercaya rakyat memimpin jalannya pemerintahan, pembangunan dan urusan-urusan kemasyarakatan. Plus dari pemilih di Kabupaten Toraja dan Toraja Utara yang jumlahnya lebih dari 390 ribu pemilih. Masyarakat di kedua kabupaten Daerah Tujuan Wisata tersebut merupakan keluarga besar dr.Felicitas Tallulembang yang adalah isteri Andi Rudiyanto Asapa.

Suara minimal sebanyak 1 juta untuk Garudana, dapat berasal dari akumulasi suara pemilih  dari Kabupaten Pinrang tempat dimana Andi Nawir (calon Wakil Gubernur Sulsel pendamping Rudi) pernah dipercaya dan mengabdikan diri selama 10 tahun sebagai Bupati Pinrang.

Daerah berjuluk Kabupaten ‘Bumi Lasinrang’ Pinrang ini dalam ajuan daftar DP4 Sulsel yang sedang diverifikasi KPU, jumlah pemilihnya lebih dari 332  ribu. Pasangan Garudana ini pun dengan figur Calon Gubernur Andi Rudiyanto Asapa yang pernah menjadi Ketua LBH Makassar, diprediksi akan mampu meraih sedikitnya 5 persen dari 2 juta pemilih tambahan dalam Pilgub Sulsel 2013 – 2018.

Dengan jumlah 7,2 juta pemilih dalam Pilgub Sulsel 2013 – 2018, diperkirakan sedikitnya sekitar 4 – 5 jutaan pemilih yang akan memberikan suaranya. Pengalaman dalam Pilgub Sulsel 2008 – 2013 lalu, dengan sekitar 5,2 juta pemilih, hanya ada sekitar 3,5 juta keseluruhan suara yang diperoleh 3 kandidat peserta Pilgub. (Mahaji Noesa)

Komentar
  1. Ibu mengatakan:

    ulasan yang menarik

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s