A.Majdah MZ, Bernyanyi dengan Hati

Posted: 28 November 2012 in News
Tag:, ,

Gambar

Hj.A.Majdah MZ/Foto: Mahaji Noesa

Super sibuk! Pasalnya, sebagai Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), DR.Ir. Hj.A.Majdah MZ,M.Si juga harus senantiasa terlibat dan berkonstribusi untuk organisasi PKK dan Dharma Wanita Provinsi Sulsel, dalam kapasitas sebagai isteri Wakil Gubernur Sulsel, H.Agus Arifin Nu’mang.

Selain itu, putri dari mantan rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN), kini menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof.DR. Muhyiddin M Zain, hari-harinya selalu diisi dengan kegiatan dakwah, berceramah memberikan pencerahan khususnya terhadap ibu-ibu muslim.

‘’Hampir setiap hari ada undangan berceramah dari berbagai kelompok Majelis Taklim di berbagai daerah di Sulawesi Selatan,’’ jelas Majdah yang Ketua Forum Kajian Cinta Al Quran (FKCA) Sulawesi Selatan. Suatu lembaga dakwah yang dibentuk 3 tahun lalu memperkuat Badan Koordinasi Majelis Taklim Sulawesi Selatan.

Sibuk….ya….super sibuk. Akan tetapi semua harus dapat dijalani dengan enjoy. ‘’Alhamdulillah, semoga Allah Swt senantiasa memberikan rahmat dan kekuatannya. Kita berusaha menjalani semua aktivitas dengan disiplin dan pandai  mengatur jadwal. Hidup ini harus bisa diisi serta dimaknai dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, terutama untuk perbaikan kehidupan dan moral ummat, ’’ katanya.

Sebagai Ketua FKCA Sulsel, dalam berbagai kesempatan ceramah, Majdah selalu menekankan khususnya kepada ibu-ibu muslim untuk menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam meniti kehidupan. ‘’Al Quran yang sarat dengan ajaran moral tak cukup hanya dibaca. Lebih dari itu, kandungan isi ajaran Quran harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari,’’ katanya.

Untuk lebih memantapkan dakwah-dakwahnya, alumni Fakultas Pertanian Unhas tahun 1987 yang juga menyelesaikan pendidikan S-1 dan S-2 di kampus yang sama, kini membuat album berjudul ‘Sajadah Majdah’ berisikan 7 buah lagu bernada religi.

Dia melihat, pesan-pesan moral keagamaan juga efektif disampaikan melalui penyajian lagu. Makanya, sejak tiga tahun lalu, dalam kunjungan dakwah ke daerah-daerah sering menyelingi kegiatan dengan bernyanyi lagu religi yang syairnya ditulis seniman H.Udhin Palisuri kerja sama pemusik Abdi Basit (Cucut).

Lagu-lagu itulah yang kini dihimpun dalam album ‘Sajadah Majdah.’ Di Kota Palopo, sejumlah lagu tersebut sudah sering dijadikan sebagai lagu wajib dalam lomba lagu-lagu religi. Di Kabupaten Maros, lagu-lagu Majdah justru juga sering terdengar dilantunkan dalam acara-acara perkawinan di perkampungan-perkampungan rakyat.

‘’Jangan lihat keindahan lagunya, tapi lebih penting bagaimana dapat memahami pesan moral yang disampaikan lagu itu,’’ kata ustadza yang sering tampil berceramah di hadapan jamaah mesjid raya Kota Makassar, terutama pada saat bulan Ramadhan.

‘’Doa adalah ibadah. Doa adalah taqwa. Doa adalah amanah. Doa adalah iman. Doa terbuka pintu langit. Doa tersenyum malaikat. Doa hadist Nabi. Doa Rasul Firman Tuhan’’ Demikian antara lain syair lagu ‘Doa’ – salah satu dari 7 lagu dalam album ‘’Sajadah Majdah.’

Menurut Cucut, seniman pemusik Sulsel yang telah berkeliling 5 benua, suara Hj.Majdah berciri dan sangat pas membawakan lagu-lagu religi. ‘’Dia bernyanyi dengan hati, menghayati setiap kata dalam lagu,’’ katanya.

Namun, ibu dari 5 orang anak ini ketika ditemui saat melakukan gladi (28 September 2012), sehari sebelum melounching album “Sajadah Majdah’ di Gedung Balai Prajurit Jend. M.Yusuf di Makassar, berulangkali menyatakan, sesibuk apapun seseorang harus tetap dapat memberikan porsi perhatian terhadap keluarga. ‘’Sebelum saya datang ke gladi ini, saya terlebih dahulu berjalan-jalan ke mall bersama anak-anak,’’ katanya, lalu tertawa. (Mahaji Noesa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s